Internasional

Kalahkan Negara Lain, Kopassus Pasukan Elit Terbaik No 3 Dunia

Editor : Ferro Maulana |Selasa , 26 Maret 2013 - 04:04:50 WIB | Dibaca : 378 Kali |

Kopassus, Satuan Tentara Elit Indonesia | Ist

@IRNewscom I Jakarta: MASING-masing negara pasti mempunyai satuan khusus dalam Tentara Nasionalnya. Dari banyaknya pasukan khusus yang dimiliki oleh setiap negara, tercatat dan diakui oleh dunia ada 5 pasukan elit khusus yang paling terkenal dan berbahaya.

Namun, tahukah Anda jika Kopasus Tentara elit dari Indonesia menempati rangking 3 sebagai Tentara paling bahaya dan terbaik di dunia.  Berikut daftar kelima pasukan terbaik:

1. 'U.S Navy SEAL' (Pasukan Elit Amerika)

Pasukan khusus Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) ini berada di peringkat pertama di dunia. Tentara elit ini dipersiapakan untuk menyerang musuh melalui jalur laut (Sea), udara (Air), dan darat (Land).  U.S Navy SEAL disiapkan untuk melakukan serangan terhadap tindakan terorisme, serangan khusus, pertahanan dalam negeri, dan operasi perang lainnya.

Dan operasi yang paling terkenal adalah operasi khusus yang diperintahkan oleh Presiden AS, Barack Obama untuk membunuh musuh nomer 1 AS, yakni Osama bin Laden di Pakistan, dan pasukan U.S Navy SEAL itu juga berhasil menaklukkan perompak Somalia.

2. 'Sayeret Matkal' (Pasukan Elit Israel)

Sayeret Matkal adalah unit pasukan khusus yang didirikan Israel Defense Forces (IDF). Pasukan paling berbahaya milik 'Zionis' Israel ini sangat ahli dalam seni bela diri, dan pasukan tentara kecil.

Operasi terkenal yang dilakukan oleh pasukan khusus ini yakni, misi penyelamatan ratusan sandera yang terjebak dalam pesawat Air France 139 di Bandara Entebbe dan Uganda pada tahun 1976 silam.

3. 'Kopassus' (Pasukan Elit Indonesia)

Kopassus memiliki kepanjangan dari Komando Pasukan Khusus. Pasukan elit milik Indonesia ini juga merupakan bagian dari Komando Utama (KOTAMA) yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat (AD). Kopassus berdiri sejak 1952 silam dengan operasi terkenalnya yakni, melakukan operasi eksekusi cepat pada tahun 1981 ketika kelompok ekstremis Islam membajak pesawat Garuda dengan nomor penerbangan 206. Dalam operasi yang dilakukan di darat itu, Kopassus berhasil membebaskan 50 sandera sekaligus membunuh 3 pembajak secara cepat.

4. 'Directorate A' (Pasukan elit Rusia)

'Directorate A' adalah satuan tentara elit berbahaya yang dimiliki oleh Rusia ini terbentuk sejak tahun 1974 lalu. 'Directorate A' dalam bahasa inggrisnya diberi nama Alfa Group ini tetap bertahan meski Uni Soviet bubar dan terpecah menjadi negara-negara kecil.

Operasi 'Directorate A' yang terkenal dunia dimulai pada tahun 2004, tatkala pasukan ini berhasil membebaskan 1.200 sandera ketika seisi Sekolah Beslan disandera oleh kelompok separatis muslim Chechnya.

5. 'Kaibiles' (Pasukan Elit Guatemala)

Pasukan elit khusus ini dibentuk oleh kemiliteran Guatemala yang didirikan pada tahun 1974 lalu. Pasukan elit ini ahli dalam operasi penyerangan perang hutan dan operasi pemberontakan.

Operasi khusus mereka yang terkenal yakni, serangan di Kongo yang menewaskan 8 anggota pasukan Kaibiles dan 5 orang terluka parah. Namun kabarnya, serangan tersebut adalah bagian dari serangan penjaga perdamaian untuk PBB. [dbs-12]



BERITA LAINNYA :