Internasional

Koleksi Anggur dari Kediaman Presiden Prancis akan Dilelang

Editor : |Kamis , 02 Mei 2013 - 13:40:11 WIB | Dibaca : 919 Kali |

Koleksi minuman anggur

@IRNewscom I Paris: KOLEKSI minuman anggur presiden Prancis akan dilelang di Paris pada akhir Mei mendatang. Ada sekitar 1.200 botol minuman anggur yang berasal dari ruang bawah tanah kediaman resmi presiden yang dilelang.

Menurut lembaga lelang Drouot, jumlah tersebut merupakan 10 persen dari total koleksi minuman di Elysee Palace. Seperti dilansir BBC, Kamis (02/05), pihaknya menaksir nilai anggur Perancis ini yang akan dilego harganya bervariasi. Harganya dipatok mulai dari 15 euro (12,70 pound atau USD19,79) sampai 2.200 euro (1864 pound atau USD 2.902) untuk bermerek Petrus 1990.

Elysee Palace berharap dapat memperoleh sekitar 250.000 euro. Hasil penjual itu akan digunakan untuk pengerjaan perbaikan ruang penyimpanan anggur di bawah tanah.

Semua anggur yang ditawarkan -sebagian besar berasal dari wilayah Burgundy dan Bordeaux. Ini merupakan buatan Perancis dan dijadwalkan akan dilelang pada tanggal 30 dan 31 Mei.

"Ini adalah anggur yang biasa disajikan di meja presiden untuk makan malam atau resepsi," kata seorang juru bicara Drouot kepada kantor berita Reuters.

"Beberapa dari minuman ini hadir dalam peristiwa terkait dengan sejarah Republik Kelima."

Juru bicara Drouot menambahkan, stok anggur akan digantikan oleh anggur-anggur yang lebih murah. Sementara sisa laba akan dikembalikan ke kas negara.

Pada Maret, pemerintah Inggris juga mengumumkan telah menjual beberapa anggur Perancis. Ini untuk pertama kalinya sebagai bagian dari dorongan rasionalisasi anggaran.[*]







BERITA LAINNYA :