Kesehatan

Inilah Dampak Negatif Memasang Behel di Tukang Gigi

Editor : |Selasa , 29 Januari 2013 - 08:51:35 WIB | Dibaca : 7425 Kali |

Foto: Ist

@IRNewscom | Jakarta: FUNGSI kawat gigi (behel) pada dasarnya adalah untuk merapikan susunan gigi agar terlihat cantik saat tersenyum. Tentunya, sebelum memakai behel Anda harus melakukan berbagai macam cara, seperti suntik gusi sebelum gigi dicabut dan pengukuran struktur gigi di dokter gigi.

Tapi yang terjadi sekarang, justru banyak orang yang memasang behel di tukang gigi. Hal itu sebetulnya akan berdampak buruk bagi pasien.

"Tukang gigi itu tidak belajar ilmu kedokteran gigi. Ilmunya hanya sebatas cara pasang behel saja. Tentunya hal ini akan memberikan efek perubahan susunan gigi yang semakin parah, karena tukang gigi tidak mengerti kemana gigi harus digerakan agar terlihat bagus, "ujar drg. Haryanto, kepada IRNewss yang membuka klinik gigi di Taman Alfa Indah, Jakarta Barat.

Maka dari itu, banyak ditemukan kasus pemasangan behel di tukang gigi yang merugikan pasien. "Ada kasus tukang gigi memasang behel datang ke tempat praktek saya. Saya lihat posisi pemasangan behelnya tidak memenuhi standar yang benar. Pasien yang memasang behel di tukang gigi akan banyak dirugikan dari segi struktur gigi, penampilan dan uang," paparnya.

Dalam hal ini, ada perbedaan mencolok pada behel dan alat pendukung jika memasang behel di tukang gigi. "Dokter gigi, behelnya berani pasang yang buatan Amerika, dan alat-alatnya dipasang di dalam mulut sesuai dengan standar internasional. Sedangkan alat-alat yang dipakai tukang gigi sangat minim," ungkapnya.

Tentunya, jika melihat hasil akhir dari instalasi behel dapat dipastikan hasil karya dokter gigi akan lebih baik karena juga turut memperbaiki struktur gusi pasien. "Apalagi hasil behel tukang gigi itu cuma untuk gaya saja, sedangkan di dokter gigi instalasi behel untuk memperbaiki estetika penampilan dan memperbaiki gigitan rahang atas dan bawah. Jadi gigitan pasien kembali ke posisi normal," katanya lagi. [Ars-14]



BERITA LAINNYA :