Kesehatan

Pelayanan Obat Generik Kini Bisa Lewat e-Catalog

Editor : Muslim Ambari |Selasa , 19 Maret 2013 - 16:21:00 WIB | Dibaca : 519 Kali |

Ilustrasi | Foto: mmexports.com

@IRNewscom I Jakarta : UNTUK meningkatkan transparansi, akuntabilitas, efisiensi, dan efektivitas dalam proses pengadaan obat, Kementerian Kesehatan RI meluncurkan pelayanan e-catalog.

Sistem itu akan memuat seputar daftar nama obat, jenis, spesifikasi teknis, harga satuan terkecil, dan pabrik penyedia.

''Melalui e-catalog obat generik ini, diharapkan agar proses pengadaan obat generik di sektor pemerintah dapat lebih transparan, akuntabel, efektif, dan efisien,'' kata Menkes Nafsiah Mboi usai membuka Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) di Bidakara, Jakarta, Selasa (19/03).

Dengan adanya sistem itu, selain dapat meminimalisasi penyimpangan, juga dapat memudahkan pihak pemerintah untuk lebih leluasa dalam memilih produk obat generik yang dibutuhkan. ''Meminimalisir korupsi,'' tegasnya singkat.

Sementara itu, untuk dinas dan rumah sakit yang ingin melaksanakan pengadaan obat generik bisa langsung memilih, karena spesifikasinya sdh jelas. ''Harga sudah termasuk pajak dan biaya distribusi. Jadi sulit untuk mark up yah,'' sindirnya.

Pelayanan ini diluncurkan sebagai bentuk perbaikan pelayanan. Khususnya untuk menjamin ketersediaan obat generik bagi masyarakat tidak mampu. [mar-6]



BERITA LAINNYA :