Kesehatan

Ada 23 Klinik Bayi Tabung di Indonesia

Editor : |Selasa , 26 Maret 2013 - 13:56:51 WIB | Dibaca : 910 Kali |

Foto: Ist

@IRNewscom I Jakarta: KLINIK bayi tabung terus meningkat, seiring kebutuhan masyarakat akan program in vitro fertilization (ivf). Tercatat, ada 23 klinik bayi tabung di Indonesia saat ini.

''Tiga klinik lagi sedang dalam proses registrasi. Yaitu di Depok, Surabaya, dan Padang,'' jelas Sekjen Perkuumpulan Fertilisasi In Vitro Indonesia (PERFITRI) dr Budi Wiweko, SpOG (K) dalam seminar bayi tabung di Jakarta, Selasa (26/03).

Menurutnya, dari 80 juta pasangan menderita infertilitas di seluruh dunia, sebagian besar berasal dari negara-negara berkembang. ''Itu sebabnya, Indonesia pun setiap harinya semakin banyak pasangan yang membutuhkan program (bayi tabung) ini,'' terangnya.

Klinik itu juga, kata dia, sebagai cara agar pasangan yang membutuhkan program kesuburan ini tidak perlu jauh-jauh berobat ke luar negeri. ''Bayangkan, berapa devisa kita yang terbuang?'' ulasnya.

Apalagi, dia berani menjamin, bahwa peralatan dan skill dokter obgyn di Indonesia untuk program bayi tabung tidak tertinggal dibanding negara lain. ''Teknologi bayi tabung di Indonesia berkembang dengan fasilitas yang terstandarisasi dan terpercaya,'' tandasnya. [mar-14]



BERITA LAINNYA :