Komunitas

Paguyuban Meizhou Indonesia, Pecinta Angklung Tionghoa

Editor : Muslim Ambari |Selasa , 02 April 2013 - 17:44:15 WIB | Dibaca : 520 Kali |

Foto: IRNewscom/Lia Maria

@IRNewscom I Jakarta : PAGUYUBAN Meizhou Indonesia (PMI) adalah salah satu komunitas Tionghoa yang cukup aktif melestarikan budaya. Mereka punya kelompok angklung yang secara serius dibekali dengan pengetahuan musik angklung.

Obby AR Wiramihardja, pelatih angklung di PMI mengatakan dia sudah melatih sejak 6 tahun lalu dan sudah tampil di berbagai tempat. Seperti, pernikahan, perkumpulan etnis Tionghoa, dan acara acara perkumpulan lainnya.

Anggota yang ada rata rata ibu-ibu berumur 40 sampai 60 tahun. ’’Belum lama ini kami tampil di Festival Seni Budaya Tionghoa di Universitas Kristen Indonesia. Penampilan tersebut membuat kami semua bangga. Karena kami bisa menunjukkan permainan angklung di depan anak-anak muda (mahasiswa-mahasiswi UKI),’’ ungkapnya di Jakarta, Selasa (02/04).

Sementara itu, koordinator PMI Ratna menambahkan, paguyuban ini merupakan suatu wadah perkumpulan ibu-ibu yang ingin menampilkan karya seni budaya Indonesia. Meizhou awalnya terbentuk sebagai paduan suara (koor) sejak sepuluh tahun yang lalu.

Permainan angklungnya sendiri sudah berjalan enam tahun. Meizhou sendiri tidak lain merupakan suatu nama tempat di China atau daerah yang disebut Khe. [mar-6]



BERITA LAINNYA :