Multi Event

Bola Voli

Proliga 2013 Kedatangan Tim Papua dan Kehilangan Tim Yogya

Editor : Muslim Ambari |Rabu , 14 November 2012 - 18:12:06 WIB | Dibaca : 3044 Kali |

Ilustrasi | Foto: ist

@IRNewscom | Jakarta: KOMPETISI bola voli profesional Proliga pada musim 2013 dipastikan akan kedatangan tim baru dari Papua. Tim tersebut adalah Manokwari LNG Tangguh yang menjadi tim Papua pertama untuk berlaga di Proliga. Manokwari LNG Tangguh akan berlaga di kelompok putri.

LNG Tangguh akan bersaing dengan tim-tim berpengalaman seperti juara bertahan Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta Electric PLN, Jakarta BNI 46, Jakarta TNI AU, Indramayu Alko, dan Gresik Petrokimia. Satu tim yang musim lalu tampil, Bontang LNG Badak, untuk musim mendatang akan bersatu dengan Jakarta Pertamina, sehingga berganti nama menjadi BLB Pertamina Energy.

Disaat Papua mengirimkan timnya, Yogyakarta justru menarik diri dari keikutsertaan  Proliga mulai musim mendatang. Adalah tim Yogya Yuso yang berlaga di kompetisi putura, yang menarik diri dari keikutsertaan. Tim yang didirikan pada 1952 dan rutin tampil di Proliga sejak musim 2002 itu, hingga kini belum memberikan keterangan pastinya.

Dengan ketiadaan Yogya Yuso, di bagian putra mulai musim mendatang akan diisi tujuh tim, yaitu Jakarta BNI 46, Semarang Bank Jateng, Jakarta Pertamina, Palembang Bank Sumsel Babel, Jakarta Sananta, Surabaya Samator dan Jakarta Electric PLN.

Untuk musim 2013 mendatang sendiri, sistem pertandingan Proliga akan mengalami perubahan. Yaitu, dengan memberlakukan sistem pertandingan setengah kompetisi untuk babak penyisihan. Sistem tersebut berbeda dengan sistem yang berlaku sebelumnya dimana pertandingan menggunakan kompetisi penuh di babak penyisihan.

"Untuk final four dan grand final tetap seperti semula, kompetisi penuh," kata Direktur Proliga. Hanny Surkatty,  di Kantor PP PBVSI Jakarta, Rabu (14/11).

Kompetisi BSI akan diawali di Kota Jakarta,  pada 8-10 Maret mendatang dan Jakarta BNI 46 akan bertindak sebagai tuan rumah. Kemudian, putaran berikutnya di Banyuwangi, Jawa Timur pada 15-17 Maret, dan berikutnya di Gresik, Jatim pada 22-24 Maret.

"Memasuki pekan berikutnya, kompetisi akan bergulir di Magetan, 29-31 Maret. Semarang akan menjadi tuan rumah pada 5-7 April. Kota Yogyakarta, yang juga belum pernah absen menjadi tuan rumah pada final four pertama, akan menggelar Proliga pada 19-21 April. Final four kedua akan digelar di Bandung pada 26-28 April.  Setelah itu, grand final akan digelar di Istora Jakarta, pada 5 Mei," jelas Hanny. [amb]



BERITA LAINNYA :