Nasional

Perbatasan Kalimantan Akan Terima Guru Melalui Program SM3T

Editor : |Kamis , 03 Januari 2013 - 19:45:42 WIB | Dibaca : 1950 Kali |

Foto: Ilustrasi.

@IRNewscom | Jakarta : SESUAI janji Mendikbud Mohammad Nuh, bahwa pada 2013, program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluas, dan Tertinggal (SM3T) akan kembali dilaksanakan. Bahkan, jumlahnya pun akan ditambah.

Hal itu diungkapkan Nuh di Jakarta, Kamis (3/1). ’’Pada 2013, Kemendikbud akan memperluas sebaran guru-guru ke pelosok nusantara melalui program SM3T. Rencananya daerah baru yang akan dijadikan sasaran untuk program penyediaan guru di daerah 3T ini adalah wilayah perbatasan Kalimantan,’’ jelasnya.

Dia menjelaskan, bahwa selama ini program penyediaan guru di daerah 3T ini baru meliputi tiga daerah yaitu Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Nanggroe Aceh Darussalam. Agar semua anak Indonesia bisa mengecap pendidikan, maka pihaknya melakukan penambahan daerah sasaran.

"Tahun 2013 rencananya guru-guru yang ingin mengabdi di daerah 3T ini juga akan dikirim ke daerah perbatasan di Kalimantan," jelasnya. Jumlah guru baru juga rencananya akan ditambah menjadi sekitar 3.000 guru baru di daerah 3T.

Pada 2012 hanya tercatat 2.479 guru yang telah dikirim ke daerah 3T. Selain itu, jumlah mahasiswa asal daerah 3T yang hendak direkrut untuk disiapkan menjadi guru juga ditambah menjadi 2.600 orang.

"Jadi mahasiswa unggul yang berasal dari daerah 3T ini dapat ikut mengembangkan dan memajukan daerahnya dengan ilmu yang dimiliki," tandasnya. [mar-15]



BERITA LAINNYA :