Nasional

Kurikulum 2013

SMK Tekankan Prakarya dan Wirausaha

Editor : Inge Madjid |Jumat , 08 Februari 2013 - 12:26:34 WIB | Dibaca : 2178 Kali |

Foto: Ilustrasi

@IRNewscom I Jakarta: Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) juga akan merasakan kurikulum baru tahun ini. Siswa-siswi kelas XI SMK akan  diberikan mata pelajaran atau kurikulum khusus wirausaha. Namanya mata pelajarannya itu prakarya dan kewirausahaan.

Hal itu diungkapkan Direktur Pembinaan SMK Anang Tjahjono di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jakarta, Jumat (08/02). Dengan adanya mata pelajaran itu, diharapkan mampu mendorong generasi muda mengembangkan minat dan kemampuan wirausaha.

''Ada orang yang dari lahirnya sudah pandai, berani mengambil risiko, pandai berhitung dan lainnya. Tapi latihan, pendidikan dan praktik juga penting,'' ungkapnya.

Menurutnya, wirausaha dapat dilahirkan atau tumbuh tidak hanya karena bakat alamiah. ''Tapi saya menganggap keduanya sama berguna. Karena itu, Kejuruan juga harus mengupayakan hubungan dengan dunia usaha agar dapat menumbuhkan generasi muda yang berwirausaha,'' ulasnya lagi.

Kurikulum kewirausahaan tentu tidak hanya dalam kelas. Dengan praktek dan dunia usaha akan menjangkau siswa.

Pemerintah juga harus ikut mengambil bagian dengan menciptakan suasana yang baik bagi tiga elemen kemajuan bangsa. ''Saya yakin pemerintah ikut serta, termasuk penyediaan infrastruktur, dan insentif perizinan bagi wirausaha baru. Harus ada keberpihakan. Itulah semangat dari kebijakan pemerintah,'' jabarnya.

Soal infrastruktur, menurutnya harus ada sebuah media untuk memberikan kesempatan kepada siswa-siswi SMK mengenalkan hasil karya mereka kepada publik. ''Publik bisa memesan atau memakai jasa mereka. Itu akan semakin menyemangati mereka untuk berwirausaha,'' tandasnya. [mar-4]



BERITA LAINNYA :