Nasional

Tunjangan Fungsional Guru Tahun Ini Berkurang

Editor : Inge Madjid |Selasa , 02 April 2013 - 14:56:16 WIB | Dibaca : 1800 Kali |

Foto: Ilustrasi

@IRNewscom I Jakarta: MULAI tahun ini, para guru yang akan menerima tunjangan fungsional dipastikan akan berkurang jumlahnya. Pasalnya, semakin banyak guru yang sudah menerima sertifikasi sehingga tidak lagi berhak mendapat tunjangan fungsional.

Hal itu diungkapkan Mendikbud Mohammad Nuh di Jakarta, Selasa (02/04). Dia mengatakan, dari anggaran Rp7,6 triliun yang dipakai pemerintah untuk tunjangan guru, sebagian digunakan untuk tunjangan fungsional guru non PNS daerah atau guru swasta.

’’Termasuk mereka yang belum disertifikasi. Jumlah guru yang menerima tunjangan fungsional tahun ini, menurun dibandingkan tahun lalu. Yaitu dari 339.573 menjadi 321 ribu,’’ jelasnya.

Dia menambahkan, jumlah tersebut berkurang karena semakin banyak guru yang sudah mendapat sertifikasi. Mulai tahun ini, Kemendikbud kembali akan memegang kendali keuangan tunjangan profesi guru.  

Uang tunjangan profesi guru akan langsung disalurkan ke rekening guru, tidak lagi melalui pemerintah kota/kabupaten. Kebijakan ini dilakukan karena penyaluran dana lewat pemerintah kota/kabupaten sering kali dananya terlambat diterima guru. Pemerintah sangat serius menyelesaikan persoalan tunjangan profesi guru yang sering kali uangnya terlambat diterima guru.

Setelah dilakukan evaluasi secara menyeluruh, pemerintah pengambil kebijakan akan menyalurkan langsung dana itu ke tangan guru.  Nuh menjamin, akan mengawal dana itu agar benar-benar sampai di tangan guru. [mar-4]



BERITA LAINNYA :