Nasional

Jawa Tengah Juara OSN 2013

Editor : Inge Madjid |Kamis , 23 Mei 2013 - 15:43:35 WIB | Dibaca : 515 Kali |

Foto: IST

@IRNewscom I Jakarta: KONTINGEN Jawa Tengah berhasil menjadi juara umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat SMP yang diselenggarakan di Batam, Kepulauan Riau. Jawa Tengah berhasil mendapatkan lima medali emas, 13 medali perak, dan 13 medali perunggu.  

Direktur Pembinaan SMP Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Didik Suhardi mengatakan bahwa para finalis OSN ini tetap merupakan siswa-siswa terbaik di Indonesia.

’’Dari sekitar 9,7 juta siswa SMP yang ada di Indonesia, hanya 396 siswa yang bisa masuk final OSN. Mereka adalah yang terbaik di antara yang terbaik,’’ kata dia dalam siaran pers yang diterima IRNews, Kamis (23/05).

Didik menambahkan seluruh peserta OSN SMP tahun ini mendapatkan apresiasi berupa  beasiswa sebesar  Rp 720 ribu per tahun. Didik juga menjelaskan bahwa juara yang terpilih dalam OSN SMP 2013 akan masuk ke training center dan yang terpilih akan mewakili Indonesia di tingkat Internasional.

Adapun Olimpiade Internasional yang akan diikuti antara lain: International Mathematics Competition (IMC)  di Bulgaria, International Junior Science Olympiad (IJSO) di India, Olimpiade Geografi Internasional di St. Petersburg, Rusia, dan Olimpiade Astronomi Internasional di Lithuania. Sementara itu, Jhonny Lorang, pendamping kontingen mengatakan bahwa peserta OSN SMP dari Jawa Tengah telah dipersiapkan dengan masuk training center dan mendapatkan program karantina selama 10 hari sebelum pelaksanaan OSN.

Dia juga menyatakan bahwa suasana kompetesi selalu dijaga mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten hingga tingkat propinsi. ’’Jadi ketika akan menghadapi olimpiade mereka telah siap,’’ imbuhnya.

Dia  berharap pembinaan akan terus ditingkatkan. Dukungan pemerintah daerah juga tidak pernah lepas dalam memacu motivasi siswa agar dapat terus berprestasi. Dukungan tersebut misalnya diberikan dalam bentuk penghargaan dan hadiah kepada para peraih medali di olimpiade tingkat nasional. [mar-4]



BERITA LAINNYA :