Nusantara

BMKG: Seluruh Kota di Sumsel Berpotensi Hujan

Editor : Irman Robiawan |Jumat , 04 Januari 2013 - 10:19:32 WIB | Dibaca : 545 Kali |

Foto: Ilustrasi.

@IRNewscom | Palembang: BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Selatan memprakirakan seluruh kota di provinsi yang memiliki 15 kabupaten kota itu berpotensi diguyur hujan ringan dan sedang pada Jumat.

Kota yang berpotensi hujan ringan yakni Palembang, Prabumulih, Baturaja, Muara Enim, Musi Rawas, Sekayu, Martapura, Indralaya, Tebingtinggi, dan Lubuklinggau, kata Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten BMKG Sumsel, Indra Purnama di Palembang, Jumat (04/01).

Sedangkan beberapa kota Sumsel lainnya diprakirakan mengalami hujan sedang yakni Kayu Agung, Lahat, Pangkalanbalai, Muaradua, dan Pagaralam, katanya.

Menurutnya, kota yang berpotensi hujan ringan diprakirakan memiliki suhu udara berkisar 23 - 32 derajat Celcius, kelembaban udara berkisar 62 - 97 persen, kecepatan angin sekitar 25 km/jam dengan arah angin sebagian besar menuju barat laut kecuali Musi rawas, Tebingtinggi, dan Lubuklinggau arah anginnya menuju barat.

Sedangkan kota yang diprakirakan berpotensi hujan dengan intensitas curah hujan sedang memiliki suhu udara berkisar 23 - 32 derajat Celcius, kelembaban udara berkisar 65 - 98 persen, kecepatan angin sekitar 30 km/jam dengan arah angin sebagian besar menuju barat laut kecuali Kota Pagaralam arah anginnya menuju barat, ujar Indra.

Dijelaskannya, kondisi cuaca pada Januari 2013 masih akan didominasi hujan ringan dan sedang dengan intensitas curah hujan 300 - 400 milimeter.

Tingginya intensitas curah hujan akhir-akhir ini diimbau kepada masyarakat di provinsi berpenduduk sekitar 8,5 juta jiwa itu agar terus meningkatkan kewaspadaan dari ancaman bencana terutama dari banjir yang beberapa hari terakhir melanda sejumlah kabupaten seperti Musi Banyuasin dan Banyuasin, kata pejabat BMKG itu menambahkan. [ant]



BERITA LAINNYA :