Nusantara

Pasien Suspect Flu Burung Dirujuk ke RS M Djamil Padang

Editor : |Jumat , 08 Februari 2013 - 21:28:09 WIB | Dibaca : 845 Kali |

Foto: Istimewa

@IRNewscom I Padang: PASIEN suspect flu burung Darli 73 tahun asal Pariaman siang tadi dilarikan ke RS M Djamil Padang.Lelaki tua asal Sunur Kota Pariaman ini menjadi pasien suspect virus H5N1 pertama di 2013 ini.

"Ya tadi siang ada pasien suspect flu burung dirujuk ke sini,"ujar Pejabat pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUP M Djamil Padang, Gustavianof, Jumat 8/2 dihubungi IRNews.com.

Darli merupakan pasien rujukan dari  Puskesmas yang ada di daerah Kota Pariaman.

"Kondisi pasien susfect flu burung itu saat masuk rumah sakit menderita demam sejak tiga hari, serta mengalami sesak nafas," ujarnya.

Saat tiba kata Gustavianof, pasien langsung diperiksa di  ruang isolasi rumah sakit agar penyakitnya tidak menular ke pasien lain. "Tim dokter rumah sakit sudah melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap pasien yang baru saja masuk di  ruang perawatan khusus,"ujarnya.

Tapi Gustavianof belum bisa memastikan apakah pasien positif flu burung.
"Belum karena kita harus ambil dan periksa sampel darah, apakah mereka benar positif atau sebaliknya negatif flu burung,"ujar Gustafianov.
    
Untuk positif dan negatif flu burung, RS M Djamil menunggu hasil laboratorium di Jakarta.

"Darah pasien suspect kita kirim untuk diuji di  laboratotium darah pada Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Depkes RI itu,"ujarnya.

Sementara antisipasi terkait ketersediaan obat Taminflu, Gustafianov memastikan cukup.

"Stok obat masih bisa untuk mengobati pasien yang terjangkit virus H5N1 atau Avian influenza dan  belum kedaluarsa,"ujarnya.

Sedangkan, Sepriyanto anak Darli menyatakan, dirinya tidak mengetahui orang tuanya dirawat RSUP M.Djamil Padang dalam perawatan khusus pasien suspect flu burung.

"Setahu saya, bapak hanya  menderita demam sudah satu minggu, serta mengalami sesak nafas saja, kemudian dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan,"ujarnya.

Dia menambahkan, saat berada di Puskesmas, dokter yang memeriksa kondisi kesehatan memberitahukan agar dirujuk saja ke RSUP M.Djamil Padang ada kemungkinan orang tuanya derita susfect flu burung.

"Aneh, padahal bapak  tidak ada kontak langsung dengan ayam, maupun itik milik warga yang ada di dekat rumah,"ujarnya berharap hasil pemeriksaan darah orangtuanya negatif.[Adr-14]



BERITA LAINNYA :