Nusantara

Penyu Hijau di NTB Terancam Punah

Editor : Irman Robiawan |Minggu , 03 Maret 2013 - 21:08:41 WIB | Dibaca : 818 Kali |

Penyu Hijau.

@IRNewscom | Mataram: PENYU hijau (Chelonia mydas) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terancam punah akibat perburuan liar, penjualan telur, dan kerusakan habitat kembang biaknya.

Koordinator World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia Regional NTB, Ridha Hakim di Mataram, Minggu (03/03), mengatakan, meski penyu tersebut dilindungi undang-undang, tetapi populasinya semakin berkurang bahkan terancam punah, sehingga perlu mendapat perhatian pemerintah.

"Beberapa waktu lalu kami melakukan identifikasi di satu habitat penyu. Dari 100 butir telur penyu, tidak lebih dari dua ekor yang mampu berkembang biak. Pantai-pantai yang merupakan tempat bertelurnya penyu mulai dirambah manusia, faktor alam juga mempengaruhi perkembangan populasi penyu," katanya.

Ia mengatakan, telur penyu yang banyak dijual bebas di pasar-pasar tradisional juga berdampak negatif menurunkan populasi penyu di NTB, dan yang mengkhawatirkan adalah penangkapan penyu hijau juga semakin marak.

"Hingga kini penyelundupan penyu juga masih marak. Pada 2012 bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan TNI Angkatan Laut, kamia berhasil menggagalkan penyelundupan 358 ekor penyu di perairan laut Sumbawa yang akan dibawa dari Sulawesi ke Bali," katanya.

Menurut dia, upaya penangkaran yang dilakukan oleh masyarakat termasuk oleh PT Newmont Nusa Tenggara di Kabupaten Sumbawa Barat patut diapresiasi, karena ini akan meningkatkan populasi penyu tersebut.

Namun, katanya, perlu dilakukan penelitian penyu hijau untuk mengetahui jumah populasinya hingga saat ini. Setelah diketahui populasi selanjutnya bisa segera dilakukan upaya untuk meningkatkan populasi satwa yang dilindungi itu.

"Kalau kita lihat di beberapa daerah populasi penyu tersebut masih cukup ada, namun kalau dilakukan upaya pengawasan secara ketat populasinya akan semakin menurun dan terancam punah," katanya.

Rhida mengatakan, dengan kian berkembangnya permukiman yang dekat dengan lokasi tempat bertelurny penyu akan berdampak terhadap penurunan populasi penyu, karena satwa itu tidak berani bertelur di lokasi tersebut. [ant]



BERITA LAINNYA :