Nusantara

Pilkda Kab Sikka 2013

Duet PDIP Sementara Unggul di Pilkada Kab Sikka

Editor : Muslim Ambari |Selasa , 19 Maret 2013 - 01:05:47 WIB | Dibaca : 352 Kali |

Ilustrasi | Foto: ist

@IRNewscom | Kupang: DUET Alexander Longginus dan Roberto Diogo Idong masih menguasai raihan suara sementara hasil pemilu kepala daerah (Pilkada) Kabupate Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Pasangan yang diusung PDI Perjuangan itu mengumpulkan 16.900 suara dari 48.123 suara sah yang sudah masuk ke KPU Sikka di Maumere, kata Ketua KPU Sikka Albertus Ben Bao yang dihubungi dari Kupang, Senin malam.

Pilkada Sikka berlangsung bersamaan dengan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur NTT periode 2013-2018.

Menurut Bao, jumlah suara yang sudah masuk ke KPU Sikka baru dari tujuh kecamatan dari 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Sikka, yakni Kecamatan Mego, Nita, Kange, Kewapante, Bola, Talibura, dan Kecamatan Waiblama.

Sementara pasangan Rafael Raga-Zakarias Heriando Siku (Garansi) berada di posisi kedua dengan meraih 12.530, menyusul paket "incumbent" Sosimus Mitang-Silvanus Tibo (Solid) 5.780 suara.

Posisi selanjutnya diraih pasangan Yosef Ansar Rera-Paulus Nong Susar (An-Sar) 5,665 suara, pasangan Fransiskus De Jeer da Gomez dan Simon Subsidi (Frendi) memperoleh 2.330 suara.

Sementara, pasangan Yosef Bernadus Semadu Sadipun-Agustinus Boy Satrio (Satria) meraih 1.640 suara, pasangan Ansel da Lopez-Simon Subandi (Aura) 1.578 suara.

Pasangan Wera Damianus-Petrus Suryaputra Suwarnam (Damitrus) mengumpulkan suara 1.125 suara, serta paket Heribertus Krispinus Nidi-Robertus Lodan dengan sandi politik "Helo" meraih 575 suara.

"Rekapitulasi masih terus kita lakukan hingga beberapa hari ke depan bersamaan dengan hasil pemilu gubernur NTT," kata Bao seperti dilansir ANTARA, Selasa (19/03).

Dia mengatakan jumlah pemilih sesuai daftar pemilih tetap (DPT) yang menggunakan hak politik dalam pilkada yang diikuti sembilan pasangan calon tersebut mencapai 194.625 pemilih yang tersebar di 147 desa dan 13 kelurahan di 21 kecamatan.

Dia menjelaskan untuk bisa menjadi pemenang dalam pemilihan kepala daerah tersebut, setiap paket harus bisa meraih kemenangan 30 persen dengan total suara sah sebanyak 49.612.

Dia berharap masyarakat di daerah itu bisa bersabar dan terus mengawasi hasil rekapitulasi yang dilakukan penyelenggara di tingkat PPS hingga ke KPU.

Sembilan pasangan calon bupati dan wakil bupati Sikka periode 2013-2018 itu terdiri dari enam pasangan calon yang diusung partai politik, sedang tiga pasangan calon lainnya dari jalur independen. [amb]



BERITA LAINNYA :