Nusantara

KPU: Ijazah Bakal Cabup Garut Bermasalah

Editor : Risnawati Avin |Jumat , 28 Juni 2013 - 21:22:29 WIB | Dibaca : 376 Kali |

Foto: Ilustrasi

@IRNewscom I Garut: KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyatakan berkas persyaratan berupa ijazah beberapa bakal calon bupati/wakil bupati Garut bermasalah sehingga wajib diperbaiki.

"Ada beberapa ijazah bakal calon harus diperbaiki, karena tidak sesuai ketentuan," kata Divisi Teknis dan Humas, KPU Garut, Abdal di Garut, Jumat.

Ia menuturkan, calon yang mendaftar ke KPU sebanyak 10 pasangan dari jalur perseorangan dan enam pasangan yang diusung partai politik.

Berkas ijazah yang tidak memenuhi ketentuan KPU, kata Abdal, dialami beberapa orang bakal calon dari jalur perseorangan dan partai politik.

"Siapa nama calonnya, kita tidak bisa beritahukan, pokoknya ada," kata Abdal.

Ia menjelaskan, persoalan ijazah itu seperti beberapa ijazah yang dilegalisir oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, bukan oleh sekolah atau perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah tersebut.

Jika tempat sekolah calon itu sudah tidak ada, kata Abdal, sesuai ketentuan KPU, ijazah dapat dilegalisir oleh Dinas Pendidikan pemerintah setempat asal sekolah tersebut.

"Misalkan si calon pernah sekolah di Bandung, tapi sekolahnya sudah tidak ada, yang berhak legalisir oleh dinas pendidikan di Bandung, bukannya di Garut," kata Abdal.

Selain masalah legalisir, kata Abdal, salah seorang bakal calon ada yang hanya menyerahkan surat keterangan kehilangan ijazah.

Surat keterangan hilang itu, kata Abdal tidak dapat disahkan, sesuai aturan KPU harus ada ijazah penggantinya.

"Kalau ijazah hilang harus ada penggantinya, tidak bisa hanya surat keterangan kehilangan ijazah," katanya.

Sementara itu, KPU memberi waktu penyerahan perbaikan berkas ijazah sampai 6 Juli 2013, jika tidak memenuhi sampai batas yang ditentukan itu maka dianggap gugur.

Selanjutnya ijazah yang sudah diserahkan akan dilakukan verifikasi oleh KPU dengan mendatangi langsung tempat sekolah yang mengeluarkan ijazah bakal calon itu.

Sementara itu, Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Garut akan diselenggarakan, 8 September 2013. Sementara tahapan yang sedang berlangsung yakni verifikasi berkas dan pemeriksaan kesehatan pasangan calon.[ant]



BERITA LAINNYA :