Politik & Keamanan

Jelang Pemilu 2014, Peran Pers Cukup Signifikan

Editor : Inge Madjid |Rabu , 13 Februari 2013 - 12:48:39 WIB | Dibaca : 651 Kali |

Akbar Tandjung I Foto: Septian Deny/IRNews.

@IRNewscom I Jakarta: MENJELANG Pemilu 2014, peran pers akan sangat berpengaruh terhadap kondisi perpolitikan di Indonesia. Karena itu, pers diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi kehidupan berpolitik di Indonesia serta menjadi saluran komunikasi politik yang paling efektif untuk menyampaikan pesan serta informasi.

Hal ini disampaikan Akbar Tandjung, dalam kata sambutannya pada pembukaan workshop bertajuk 'Peran Pers Dalam Dinamika Politik Nasional Jelang 2014' di Graha Insan Cita, Depok, Rabu (13/02).

"Kehidupan politik 2013 ini semakin memanas sehingga pers mempunya peran penting di negara demokrasi seperti Indonesia sebagai pilar ke empat demokrasi bangsa," ujarnya.

Dia menyoroti lima fungsi ideal pers yang harus terus diusung oleh sebuah media massa. Pertama, memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat. Kedua, sebagai saluran pendapat dan opini masyarakat. Ketiga, sebagai sarana pendidikan kepada masyarakat guna mencerdaskan kehidupan bangsa. Keempat, memberikan hiburan baik dalam pemberitaan.

"Terakhir, media massa sebagai suatu sarana untuk memberikan tempat interaksi komunikasi dalam masyarakat, hal ini tentunya terkait semakin berkembangnya media sosial yang ada," lanjutnya.

Dia berharap pers juga ikut berperan dalam pengembangan sumber daya manusia dapat menjalankan perannya dengan baik terutama menyangkut pemilu 2014 mendatang. "Tahun ini, menjadi ujian bagi pers untuk bisa menjadi saluran informasi dan tetap menjalakan fungsinya sebagai pilar keempat negara," tandasnya. [sdn-4]



BERITA LAINNYA :