Politik & Keamanan

Pramono: Komisi I & V Siap Awasi Proyek 14 Ruas Jalan di Papua

Editor : Ferro Maulana |Kamis , 05 September 2013 - 17:33:11 WIB | Dibaca : 409 Kali |

Wakil Ketua DPR RI, Pramono Anung Wibowo | Ist

@IRNewscom I Jakarta: WAKIL Ketua DPR RI, Pramono Anung Wibowo berharap, Komisi I dan Komisi V bergandeng tangan mengawasi proyek pengerjaan 14 ruas jalan di Papua dan Papua Barat oleh TNI Angkatan Darat (TNI AD).

Pasalnya, siapa pun eksekutornya, proyek senilai Rp425 miliar itu harus diawasi ketat. Sebab, dananya berasal dari APBN yang harus dipertanggungjawabkan kepada rakyat.
 
"Hal yang berkaitan dengan infrastruktur memang tugasnya Komisi V. Tapi karena proyek ini bersifat emergency, kita tak harus terpaku birokrasi. Pengawasan dapat dilakukan bersama oleh kedua Komisi," ujar Pramono Anung di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (05/09).
 
Seperti diketahui, setelah mendengar pemaparan masing-masing pihak terkait, Komisi I akhirnya menyetujui pengalihan tugas dari Kementerian Pekerjaan Umum ke Kementerian Pertahanan untuk menggarap proyek jalan tertentu di Papua dan Papua Barat.

Pengerjaan jalan sepanjang 120 kilometer itu disepakati akan dilakukan Batalyon Zipur TNI Angkatan Darat dibantu Marinir TNI Angkatan Laut.
 
Menurut Kepala Staf Angkatan Darat Letjen Budiman, sedikitnya 2.000 prajurit dan marinir akan dikerahkan untuk menuntaskan proyek ini dalam waktu enam bulan ini. [prs-12]



BERITA LAINNYA :