Politik & Keamanan

Tanjung Selor Jadi Ibu Kota Kalimantan Utara

Editor : |Kamis , 25 Oktober 2012 - 15:40:58 WIB | Dibaca : 4976 Kali |

Tanjung Selor | Ist

@IRNewscom | Jakarta: DALAM pasal 7 RUU tentang Pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) menyatakan Ibu Kota Propinsi Kalimantan Utara berkedudukan di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

Mengacu pada pasal 9, selambat-lambatnya pelantikan gubernur Kalimantan Utara dilakukan oleh Mendagri sembilan bulan pasca RUU ditetapkan menjadi undang-undang.

"Keberadaan Kalimantan Utara punya peran penting, karena langsung berbatasan dengan negara tetangga," ucap Amir Syamsudin saat membacakan sambutannya di depan anggota DPR RI dalam sidang paripurna, Kamis (25/10).

Disebutkan dalam pasal lain bahwa empat daerah yang kini menjadi bagian dari propinsi Kalimantan Timur akan bergabung dalam Propinsi Kalimantan Utara. Empat daerah itu yakni, Kabupaten Bulungan yang disesuaikan dengan UU No. 27 tahun 1959. Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Tana Tidung.

Terkait batas wilayah, dalam RUU itu juga dibahas mengenai wilayah utara dan barat berbatasan langsung dengan Sabah dan Serawak Malaysia. Di wilayah timur berbatasan dengan selat Makasar dan Laut Sulawesi. Sedangkan, di wilayah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat, Kutai Timur dan Berau ketiganya merupakan wilayah Propinsi Kalimantan Timur. [amd-2]



BERITA LAINNYA :