Sainstek

Buku SD Tematik Integratif Gunakan Tokoh Bhineka Tunggal Ika

Editor : Ferro Maulana |Rabu , 13 Februari 2013 - 14:17:16 WIB | Dibaca : 3010 Kali |

Mohammad Nuh, Mendikbud | Ist/ Antara

@IRNewscom I Jakarta: BUKU kurikulum baru tematik integratif untuk siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) sedang berjalan proses pencetakannya. Seperti sudah diberitakan sebelumnya, bahwa pengadaan buku SD ditangani sepenuhnya oleh Pemerintah Pusat.

Maka itu, Menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh pun menunjukan buku yang dimaksud kepada Pewarta, Rabu (13/02). Buku tematik yang dibuat dalam 6 tema selama tahun ajaran 2013 tersebut ternyata cukup istimewa.

''Siswa-siswi kelas 1 belum selayaknya mendapatkan materi calistung (baca, tulis, hitung). Mereka seharusnya hanya dikenalkan pada gambar-gambar,'' jelas Nuh.

Uniknya lagi, buku yang lebih banyak menyajikan gambar-gambar itu menyajikan tokoh-tokoh yang merupakan cerminan Kebhineka Tunggal Ikaan, seperti tokoh Udin, Benny, Edo, dan Lina yang merupakan perwakilan dari suku-suku yang ada di Indonesia.

Bahkan, gambarnya pun dibuat dengan perawakan seperti karakter suku-suku yang ada di Indonesia. Misalnya suku Jawa, Batak, Papua, dan Tionghoa.

''Jadi anak-anak nanti bisa sadar dengan adanya kemajemukan yang ada di Indonesia,'' paparnya.

Saat ini, tim kurikulum 2013 berencana akan menyiapkan buku kelas 1 SD sebanyak delapan tema dan buku kelas 4 SD sebanyak sembilan tema ditambah enam buku agama. ''Satu tema akan diajarkan selama lebih kurang empat minggu,'' katanya lagi.

Kemudian, masuk tema dua selama lebih kurang empat minggu juga. Sehingga satu tahun anak kelas satu ini hanya mempelajari delapan tema tersebut. [mar-12]



BERITA LAINNYA :