Metropolitan

Jokowi Akui Orientasi Untung RS Jadi Masalah KJS

Editor : |Selasa , 21 Mei 2013 - 02:03:07 WIB | Dibaca : 712 Kali |

BICARA KJS: Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo

@IRNewscom I Jakarta: BANYAKNYA rumah sakit (RS) yang berorientasi meraih untung menjadi salah satu masalah dalam sistem Kartu Jakarta Sehat (KJS).

"Jadi, kalau masih harus dibebani dengan pekerjaan sosial, ya susah," kata  Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo di Jakarta, Senin (20/05). Masalah lainnya, menurut dia, kurangnya harga premi yang dibayarkan senilai Rp23.000 per bulan per orang.

Jumlah tersebut, dikemukakannya, masih dirasa masih kurang sebelum sistem diperbaiki."Penggunaan biaya tidak efisien, makanya angka 23 persen tersebut tidak cukup," ujarnya.

Selain itu, Jokowi menyatakan, penggunaan sistem Indonesian Case Basic Groups (INA CBG's) yang mengatur penggunaan obat ikut ambil andil dalam membengkaknya dana pengobatan di Jakarta."Dulu bisa diputuskan sendiri. Sekarang tidak," jelasnya.

Oleh karena itu, ia menyatakan, masih menimbang apakah akan menambah jumlah premi yang akan dibayarkan dalam sistem KJS.Penambahan biaya, menurut Jokowi, akan dipertimbangkan terlebih dulu karena bisa membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). "Saya hitung-hitung dulu. Kalau premi naik, kan anggaran juga ikut naik," pungkas Jokowi.[riz/ant]



BERITA LAINNYA :