Sainstek

Mendikbud: Nilai UN di 11 Provinsi yang Tertunda Bagus-bagus

Editor : Ferro Maulana |Jumat , 24 Mei 2013 - 00:14:33 WIB | Dibaca : 1154 Kali |

Ujian Nasional 2013 | Ist/ Illustrasi

@IRNewscom I Jakarta: PARA murid peserta UN di 11 Provinsi yang sempat tertunda ternyata berdasarkan data yang dirilis Kemendikbud nilai-nilainya cukup memuaskan. Itu terlihat dari prosentase kelulusan dari nilai UN murni.

''Ada yang prosentasenya naik, ada yang turun. Tapi artinya, substansinya adalah bahwa penundaan ternyata tidak menyebabkan menurunkan tingkat konsentrasi. Jadi dengan begitu, segala kekhawatiran-kekhawatiran yang selama ini ada di masyarakat terbantahkan,'' ungkap Mendikbud Mohammad Nuh terkait pengumuman UN, di Jakarta, Kamis (23/05).

Secara umum, Nuh menilai pelaksanaan UN tahun ini bisa dikatakan berhasil, dilihat dari sisi hasil Nilai Akhir (NA). Bahkan, di sekolah-sekolah yang masuk dalam 11 Provinsi yang ujian nasionalnya tertunda juga nilai akhirnya cukup memuaskan.

''Nilainya lumayan, bagus-bagus,'' katanya.

Salah satu contoh di wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng), tahun ini tingkat kelulusannya mencapai 99,19 persen, lebih tinggi daripada tahun lalu yang 97,68 persen.

Dan di Sulut, kelulusan tahun ini lebih rendah jika dibandingkan tahun lalu, yakni, 99,78 ( tahun 2013) dari 99,86 ( tahun 2012). Namun, angka tersebut, kata Nuh, tidak mencerminkan penurunan yang signifikan.

Lalu, Nuh menjelaskan, bagaimana penilaian yang dilakukan dalam UN tahun ini. Nilai akhir itu dihitung dari 60 persen nilai UN ditambah 40 persen nilai ujian sekolah. [mar-12]



BERITA LAINNYA :