Sainstek

8250 Murid SMU/SMK dari Berbagai Sekolah di Indonesia Tidak Lulus

Editor : Ferro Maulana |Jumat , 24 Mei 2013 - 01:13:27 WIB | Dibaca : 1137 Kali |

ilustrasi | Foto : ist

@IRNewscom I Jakarta: DI tengah euforia kegembiraan momen kelulusan murid SMA/SMK, hari ini Jumat (24/05), akan ada juga kesedihan yang dialami 8.250 murid dari berbagai sekolah dan daerah, menurut data, yang tidak lulus.

Termasuk siswa-siswi yang ada di 24 sekolah yang menurut data yang dirilis Kemendikbud seluruh siswanya tidak lulus.

''Kami belum bisa merilis nama-nama sekolah yang tidak lulus itu. Yang pasti, kami akan mencoba mencari solusi, agar di tahun mendatang tidak ada lagi sekolah yang siswanya sampai tidak lulus,'' kata Mendikbud Mohammad Nuh terkait pengumuman hasil UN, di Jakarta, Kamis (23/05).

Nuh juga berjanji akan mencoba memperlajari masalah apa yang menjadi penghambat jalannya belajar mengajar di sekolah-sekolah tersebut. Apakah tentang infrastruktur atau bahkan membutuhkan pasokan guru yang berkualitas dan berwawasan.

''Bagi adik-adik yang belum lulus, harus tetap semangat. Nanti bisa ikut kejar paket C dan tetap bisa melanjutkan kuliah,'' kata mantan Rektor ITS itu.

Dari hasil pengumpulan data-data UN, diketahui bahwa tahun ini prosentase kelulusan menurun 0,02 dibandingkan UN tahun lalu. Tahun ini, total kelulusan UN 99,48 persen. Sedangkan tahun lalu, total kelulusan mencapai 99,50 persen.

Nuh menanggapi biasa saja penurunan prosentase kelulusan UN SMA tahun ini. Tahun ini, total peserta UN SMA mencapai 1.581.286 siswa. Sedangkan untuk peserta UN SMK mencapai 1.106.140. [mar-12]



BERITA LAINNYA :