Metropolitan

LSM Kritisi Bacaleg Beristri Lebih dari Satu

Editor : Hendry Sihalaho |Jumat , 24 Mei 2013 - 02:43:14 WIB | Dibaca : 1007 Kali |

Foto: Ilustrasi/Ist

@IRNewscom | Depok: Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kapok Kota Depok mengkritisi bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) dari partai politik yang mempunyai istri lebih dari satu orang.

"Para calon legislator harus jujur dalam mengisi formulir yang berisi tentang status perkawinan, nama istri dan jumlah anak," kata Ketua LSM Kapok Kota Depok, Kasno, di Depok, Kamis (23/05).

Ia mengatakan, apabila bacaleg yang beristri lebih dari satu tetapi dalam mengisi formulir di BB-11 poin 10 hanya mengisi nama salah satu istrinya, maka dapat dikatakan bacaleg tersebut tidak mengisi dengan benar. "Apabila ini terjadi seharusnya dapat dinyatakan batal demi hukum," ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Kasno mengimbau agar KPU, panwaslu, partai politik dan masyarakat Kota Depok agar bersama-sama mengawasi dan melaksanakan pemilu legislatif 2014 agar dapat berjalan dengan jujur dan adil. "Kami harus bersihkan Kota Depok dari para bacaleg yang tidak jujur," kata dia.

Ia merasa khawatir jika dalam mengisi formulir saja sudah bohong, maka ketika yang bersangkutan menjadi legislator akan juga melakukan kebohongan pada masyarakat.

Lebih lanjut Kasno mengatakan, dalam menerapkan peraturan KPU Kota Depok sangat membutuhkan peran serta masyarakat untuk melaporkan caleg yang tidak jujur dalam mengisi status perkawinan. "KPU harus tanggap dengan laporan masyarakat dan menindaklanjuti laporan tersebut dengan melakukan klarifikasi kepada partai yang mengusungnya sebelum mengambil tindakan tegas," ujarnya. [ant]



BERITA LAINNYA :