Hukum & Kriminal

KPK Luncurkan Baju Tahanan Baru

Editor : Hendry Sihalaho |Sabtu , 25 Mei 2013 - 00:10:39 WIB | Dibaca : 423 Kali |

Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto | Foto: Antara

@IRNewscom | Sukabumi: KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) meluncurkan baju tahanan baru. Rencananya, baju tersebut mulai digunakan pada Senin mendatang (27/05).

"Sejak beberapa bulan lalu, pimpinan telah menyetujui pemakaian baju tahanan yang baru," kata Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, dalam Lokakarya "Jurnalis Antikorupsi" di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (24/05).

Dia mengatakan, baju tahanan baru tersebut terdiri atas tiga pasang. Pertama, baju bagi mereka terkena operasi tangkap tangan KPK berupa jaket oranye dengan tiga garis hitam bertuliskan "Tahanan KPK".

Baju kedua adalah baju sehari-hari tahanan berupa rompi warna oranye dengan tiga garis hitam bertuliskan "Tahanan KPK" dan celana hitam. Terakhir, baju olahraga berwarna biru gelap dengan kerah kuning. "Tujuan pemakaian warna oranye adalah agar baju terlihat lebih menyolok, mungkin bila yang melarikan diri dapat segera diketahui dan juga dapat menimbulkan efek jera," ujar bambang seperti dilansir Antara.

Tahanan pria dan wanita, kata dia, akan mengenakan baju yang sama. Saat persidangan, tahanan KPK juga diwajibkan memakai baju sehari-hari, yaitu rompi warna oranye. Baju tahanan KPK sebelumnya adalah jaket warna putih dengan tulisan "Tahanan KPK". Namun, tahanan tidak diwajibkan memakai jaket putih tersebut di persidangan.

Penggunaan jaket tahanan model lama kadang dimodifikasi sehingga sang tahanan tampak lebih modis seperti yang dilakukan oleh mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Miranda Swaray Gultom yang menjadi terdakwa kasus suap terhadap sejumlah anggota Komisi IX DPR periode 1999-2004. Bahkan, Miranda pernah menambahkan ikat pinggang besar saat saat menggunakan jaket tersebut. [ant]



BERITA LAINNYA :