Ekbis

Pembangunan Bandara Samarinda Baru Dibagi Tiga Paket

Editor : Muslim Ambari |Kamis , 26 Desember 2013 - 18:50:49 WIB | Dibaca : 1028 Kali |

Illustrasi | Foto : ist

@IRNewscom | Samarinda : PEMBANGUNAN tiga paket pembangunan Bandara Samarinda Baru (BSB) untuk sisi darat berhasil dituntaskan Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur. Paket tersebut untuk pekerjaan tanah, pekerjaan persiapan, bangunan teknis dan pembangunan terminal penumpang.

"Untuk paket I nilai kontraknya sebesar Rp8,4 miliar, nilai kontrak paket II sebanyak Rp306,4 miliar, dan nilai kontrak paket III sebanyak Rp8,4 miliar," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Timur (Kaltim) Zairin Zain di Samarinda, Kamis (26/12).

Zairin yang didampingi Hasbi, Kepala Bidang Perhubungan Udara ini melanjutkan, untuk bangunan penunjang dalam sisi darat BSB yang berlokasi di Kecamatan Samarinda Utara itu antara lain pembangunan cargo terminal senilai Rp8,9 miliar.

Kemudian untuk bangunan administrasi senilai Rp11,12 miliar, pembangunan kantin dan reatauran senilai Rp2,4 miliar, pembangunan medical center atau bangunan kesehatan senilai Rp3,6 miliar, dan untuk pembangunan hangar senilai Rp28,4 miliar.

Saat ini juga sedang dilakukan pekerjaan tanah untuk pembangunan sisi udara berupa landasan pacu. Ditargertkan panjang landasannya akan mencapai 2.500 meter sehingga dapat didarati pesawat berbadan lebar jenis boeing yang saat ini hanya mendarat di Bandara Sepinggan Balikpapan, Bandara Juwata Tarakan dan Bandara Kalimarau di Berau.

Apabila BSB sudah beroperasi, maka bandara tersebut juga akan berguna untuk pendaratan darurat jika terjadi masalah di Bandara Sepinggan atau masalah di bandara terdekat lainnya, seperti yang terjadi pada beberapa waktu lalu.

pembangunan BSB telah menjadi salah satu proyek prioritas dalam pembangunan infrastruktur di Kaltim bersama bandara-bandara lainnya. Untuk itu BSB harus dituntaskan karena keberadaan jembatan udara mulai Samarinda sudah menjadi kebutuhan masyarakat.

Apalagi di Kaltim telah memiliki 16 bandara yang sangat strategis dalam mendukung pengembangan wilayah dan pertumbuhan ekonomi baik daerah maupun nasional, sehingga semua bandara di Kaltim itu kelak akan terkoneksi dengan BSB.

Ke depan BSB akan dibangun dengan panjang landasan pacu mencapai 2.500 meter, namun untuk tahap awal ini dibangunkan dulu sepanjang 1.600 meter yang selanjutnya akan terus dikembangkan sehingga dapat didarati pesawat lebih besar. [amb/ant]



BERITA LAINNYA :