Hukum & Kriminal

Anak Syarief Hasan Dituntut 7 Tahun Penjara

Editor : Hadie Ismanto | Reporter : Ivan Setyadhi |Kamis , 04 Desember 2014 - 11:15:53 WIB | Dibaca : 2879 Kali |

Riefan Syarif Hasan

@IRNewsco | Jakarta: RIEFAN Avrian, terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan Video Tron di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) tahun anggaran 2012, dituntut pidana penjara 7 tahun 6 bulan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan.

Anak Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan ini dianggap bersalah melakukan korupsi  proyek pengadaan dan pemasangan Video Tron di Kemenkop dan UKM tahun anggaran 2012 sebesar Rp 5,39 miliar.

”Menuntut supaya majelis hakim menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Riefan Avrian selama 7 tahun 6 bulan. Dikurangi selama masa tahanan dengan perintah tetap berada di dalam tahanan,” ujar salah seorang Jaksa Mia Barurita di pengadilan tipikor Jakarta, Kamis (4/12).

Selain pidana penjara, Riefan yang notabene anak mantan Menteri Koperasi dan UKM, Syarief Hasan itu juga dijatuhi tuntutan membayar denda Rp200 juta subsider 3 bulan kurungan. Termasuk tuntutan membayar uang pengganti Rp5,3 miliar.

Perbuatan korupsi yang dilakukan Riefan dianggap tim Jaksa Kejari Jakarta Selatan  memenuhi unsur dakwaan primer yaitu Pasal 2 ayat (1) juncto Pasal 18 Undang-Undang (UU) Nomor 31 tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Riefan dengan sengaja mendirikan PT Imaji Media untuk mengikuti proyek pengadaan Video Tron di Kemenkop UKM. Riefan sebelumnya sudah memiliki perusahaan bernama PT. Rifuel. Menurut jaksa,  Riefan kemudian sengaja mengangkat dua anak buahnya Ahmad Kamaluddin dan Hendra Saputra sebagai komisaris dan direktur PT. Imaji Media. Padahal kedua anak buahnya itu tidak memiliki kemampuan untuk mengemban jabatan tersebut. Pengangkatan Ahmad dan Hendra itu supaya Riefan mudah mengendalikan PT.Imaji Media.[van]



BERITA LAINNYA :