Gaya Hidup

Pameran Foto Kinez Riza `Selubung Hening`

Kinez Riza, Sosok Fotografer Muda Penuh Talenta

Editor : Hadie Ismanto |Sabtu , 05 September 2015 - 20:28:10 WIB | Dibaca : 1843 Kali |

Foto: Ist

@IRNewsco | Dunia seni fotografi indonesia kembali melahirkan sosok penuh talenta, adalah Kinez Riza seorang fotografer muda yang tak hanya menghasilkan berbagai karya-karya indah namun dalam setiap jepretannya terkandung energi yang positif.

Memulai karier fotografinya sejak tiga tahun lalu saat kuliah seni di London, Kinez membeli kamera bekas dan mulai melakukan penjelajahan ke berbagai tempat di penjuru dunia.

Adapun tempat-tempat yang pernah disambangi dara kelahiran 26 tahun lalu ini, antara lain pedalaman Afrika, suku Dayak Lundayeh di Kalimantan, suku Lamalera di Lembata, hingga residensi (menetap dan membuat karya seni) di Kutub Utara dan Mongolia.

Sebagai photografer, Kinez sendiri tertarik dengan berbagai hal yang berhubungan dengan alam dan benda purbakala yang akhirnya membawanya terlibat dan bekerjasama dengan para Antropolog dan Arkeolog dalam penelitian situs purbakala di berbagai belahan dunia.

"Melakukan berbagai penelitian bersama mereka (Antropolog dan Arkeolog) membuat saya banyak belajar akan alam. Bukan untuk menaklukan alam melainkan mencoba menyatu dan bersahabat dengan alam tersebut," ujar Kinez disela Pameran 'Selubung Hening', di Salian Art Space, Jl Sersan Bajuri, Bandung, Jumat (4/9) malam.

Ia juga mengakui bahwa dirinya sangat tertarik dengan konsep 'cahaya, alam, waktu dan sublim' sebagai suatu lambang untuk merenungkan esensi keberadaan di dalam karyanya. "Pertanyaan dan perasaan yang melingkupi esensi keberadaan dan eksistensi manusia di atas bumi terus menyelimuti," imbuhnya.

Sebelum menggelar pameran tunggalnya, seniman muda yang telah memiliki banyak jam terbang dan telah menghasilkan berbagai karya seni ini juga pernah mengikuti berbagai pameran seperti Art Dubai di Uni Emirat Arab, Unseen Photo Fair di Amsterdam Belanda, dan D Gallerie Indonesia.

"Rencanaya, pada bulan Januari 2016 nanti saya akan mengelar pameran di Singapura. Namun dari sekian banyak karya, masih ada keinginan terpendam, yakni memotret luar angkasa," ungkapnya spontan dengan gaya santai sambil tersenyum.[hdi]



BERITA LAINNYA :