Gaya Hidup

Lima Menit Latihan Pembebanan, Bisa Jaga Kesehatan Lho..

Editor : Hadie Ismanto |Kamis , 19 November 2015 - 15:25:34 WIB | Dibaca : 1392 Kali |

Foto: Ist

@IRNewsco | Jakarta: Disadari atau tidak, berolahraga ringan selama lima menit sehari, seperti latihan pembebanan ternyata dapat menjaga kesehatan tubuh.

Menurut pakar kesehatan Edi Nurham, seperti dikutip dari HopeTV, latihan pembebanan bukan berati pembentukan otot yang besar. "Latihan pembebanan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang  telah berusia 40-50 tahun, pasalnya ketika kita menginjak usia 30 tahun secara bertahap otot kita berkurang 10," ungkapnya.

"Bahkan berdasarkan salah satu survei yang dipublikasikan oleh American Journal Clinical Nutritions, seiring bertambahnya usia memasuki masa senja 40 sampai 60 tahun, otot akan berkurang terus hingga 20 persen dan digantikan oleh lemak," katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ketika baru memulai disarankan jangan langsung mengangkat beban seberat 20Kg. Secara bertahap Anda bisa memulai dari 1/2kg, 1Kg dan seterusnya. "Latihan seperti ini dapat membantu membakar lemak ditubuh kita sekitar 40 persen, karena dengan mengangkat beban dapat mempercepat kerja metabolisme tubuh," imbuhnya.

"Selain itu, pembebanan juga dapat membuat tulang kita lebih kuat dan membentuk tubuh lebih ideal," tandasnya.[hdi]



BERITA LAINNYA :