Olahraga

Erick Thohir Resmi Jabat Ketua KOI

Editor : Hadie Ismanto |Selasa , 24 November 2015 - 09:07:24 WIB | Dibaca : 869 Kali |

Foto: Ist

@IRNewsco | Jakarta: Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Rita Subowo resmi menyerahkan kepemimpinan kepada Erick Thohir.  Ia berharap penggantinya itu mampu menjaga keberadaan KOI sebagai satu-satunya National Olympic Committee (NOC) di Indonesia.

"Akhirnya serah terima bisa terwujud. Tolong dijaga KOI sebagai satu-satunya NOC. Saya berharap semuanya bisa rukun didalam dan rukun diluar," ujar Rita Subowo usai serah terima jabatan, di Kantor KOI Senayan, Senin (23/11).

Perempuan yang dua periode memimpin KOI ini optimistis bahwa penggantinya mampu mengemban tugas meski sudah dihadapkan dengan dua hajatan besar yang harus segera dipersiapkan, yaitu Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

"Selain itu ada pula Youth Asian Games 2017. Itu juga akan dijadikan test event. Jadi semuanya harus dipersiapkan dengan baik. Butuh persatuan untuk menyukseskan event besar ini," imbuhnya.

Dengan pengalaman yang ada, lanjut Rita, pihaknya optimistis KOI dibawah kepengurusan baru mampu melaksanakan tugas dengan baik meski pasti ada tantangan yang harus dihadapi selama perjalanannya.

Terkait dengan persiapan Asian Games 2018, mantan Ketua Umum KONI Pusat itu menegaskan jika Indonesia harus menyiapkan tiga hal, yaitu wisma atlet, kolam renang dan velodrome yang akan digunakan untuk balap sepeda.

"Yang terpenting itu. Untuk yang lain bisa dimana saja," tegas Rita.

Sementara itu, Ketua KOI yang baru Erick Thohir mengungkapkan tugas berat sudah menanti. Meski begitu, anggota Komite eksekutif KOI optimis dan akan terus bekerja keras untuk melaksanakan tugas dengan baik.

"Mudah-mudahan nggak ngos-ngosan. Sejak terpilih mereka langsung bekerja. Kami berharap komitmen mereka mereka hingga empat tahun kedepan," tandasnya.

KOI dibawah pimpinan Erick Thohir saat ini fokus menyiapkan rencana induk atau master plan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Selanjutnya juga akan melakukan pertemuan dengan Dewan Olimpiade Asia (OCA) pada 27-28 November mendatang.[*]



BERITA LAINNYA :