Internasional

Korsel Desak Korut Batalkan Rencana Peluncuran Roket

Editor : Hadie Ismanto |Rabu , 03 Februari 2016 - 10:05:03 WIB | Dibaca : 1780 Kali |

Foto: Ilustrasi

@IRNewsco | Seoul: Pemerintah Korea Selatan mendesak Korea Utara membatalkan rencana peluncuran roket dalam waktu dekat, dengan memperingatkan bahaya yang akan timbul jika Pyongyang tetap melakukannya.

Seperti ditulis AFP, sebuah pernyataan pemerintah Korsel mengatakan bahwa tiap pengujian peluru kendali yang disamarkan dengan peluncuran satelit akan menimbulkan ancaman besar terhadap perdamaian dan keamanan dunia.

"Korea Utara harus membatalkan segera rencana tersebut. Memperhatikan fakta bahwa setiap peluncuran menggunakan teknologi balistik, itu melanggar dan bertentangan dengan resolusi-resolusi PBB," demikian tulis pernyataan itu, Rabu (3/2).

Ditambahkan pernyataan tersebut, jika Korut tetap sesuai dengan rencananya meluncurkan rudal jarak jauh, hal itu akan menimbulkan ancaman besar terhadap perdamaian serta keamanan di kawasan itu dan dunia.

Sebagaimana diketahui, Korut mengumumkan pada Selasa kemarin bahwa pihaknya meluncurkan satu roket luar angkasa antara 8-25 Februari. Langkah itu dikutuk oleh Amerika Serikat sebagai 'pelanggaran parah lainnya' terhadap resolusi-resolusi PBB menyusul pengujian nuklir oleh Pyongyang bulan lalu.[*]



BERITA LAINNYA :