Metropolitan

Maju Sebagai Cagub, Firdaus Djaelani Bisa Selamatkan Jakarta

Editor : Hadie Ismanto |Sabtu , 19 Maret 2016 - 06:52:13 WIB | Dibaca : 3356 Kali |

@IRNewsco | Jakarta: Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Firdaus Djaelani atau dikenal dengan panggilan Bang Daus adalah sosok yang sangat peduli kepada eksistensi budaya betawi. Kemunculannya sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta dinilai mampu meluruskan stigmatisasi terhadap Betawi.

Hal itu disampaikan Sejarahwan Betawi, JJ. Rizal dalam diskusi bertema 'Menakar Peluang Firdaus Djaelani pada Pilkada 2017', yang diadakan oleh Jaringan Mahasiswa dan Pemuda Jakarta (JPMJ), Jumat (18/6).

"Bang Daus adalah sosok Betawi kosmopolitan, anak Betawi dengan pendidikan tinggi, dan inklusif yang mampu menjawab stigmatisasi terhadap orang Betawi yang digambarkan bodoh, terbelakang dan sering di bully," ujarnya.

Menurutnya, munculnya sosok putra Betawi yang terpelajar pada kontestasi Pilgub DKI saat ini sudah tepat. "Bang Daus bisa menyelamatkan kampung halamannya dari kerusakan yang hanya bisa dilakukan dengan cara-cara politik, salah satunya menyelamatkan masyarakat Betawi pesisir yang warisan budayanya telah dirusak oleh reklamasi pantai," tandasnya.

"Selain itu, Firdaus Djaelani akan tampil dengan menawarkan satu cara berpikir berbeda yang berasal dari local wisdom dan pengetahuan serta wawasan bermasyarakat warga Betawi," tegasnya.

Disisi lain, pengamat politik Emrus Sihombing mengatakan bahwa Firdaus Djaelani memiliki peluang yang sama besar dengan calon yang lain, bahkan dengan calon petahana sekalipun.

“Semua calon punya peluang sama, termasuk petahana (Ahok) yang maju dari jalur independen. Sebagaimana kita ketahui, jalur independen sangat tergantung dengan hasil verifikasi KPU," pungkasnya.[hdi]



BERITA LAINNYA :