Internasional

Awas... Presiden Jokowi Adu Hidung dengan Tetua Suku Maori

Editor : Damar Pamungkas |Selasa , 20 Maret 2018 - 13:16:36 WIB | Dibaca : 392 Kali |

Presiden Jokowi saat adu hidung dengan Tetau Suku Maori, Piri Sciascia. Foto: Sekretariat Negara

@IRNews | Wellington -  Presiden Joko Widodo Senin (19/3/2018) kemarin berkunjung ke Selandia Baru. Tiba di Selandia Baru, Presiden Jokowi berkenalan dengan tetua suku Maori, Piri Sciascia. Di situlah Jokowi adu hidung dengan Piri Sciascia.

Keduanya berkenalan dengan melakukan tradisi hongi atau adu hidung. Hongi merupakan salam perkenalan Selandia Baru yang dikenal ke seluruh dunia. Namun sebenarnya hongi tak digunakan oleh semua orang Selandia Baru.

Jokowi juga disambut dengan upacara kenegaraan. Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, penyambutan Presiden Jokowi diadakan di Government House, Wellington.

Ditemani Ibu Negara Iriana, Jokowi tiba di Government House pukul 10.30 waktu setempat atau pukul 04.30 WIB dan diterima oleh Sekretaris Resmi Gubernur Jenderal Selandia Baru, Gregory Baughen.

"Rombongan Presiden Jokowi terdiri atas Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala BKPM Thomas Lembong, dan Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya," kata Bey.

Usai penyambutan Presiden Jokowi dijamu makan siang oleh Gubernur Jenderal Selandia Baru, Patsy Raddy di Rumah Goverment House di Wellington, Selandia Baru. Selain Gubernur Jenderal Selandia Baru dan jajarannya, hadir pula Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern.

Setelah mendengarkan kata pengantar dari pihak Selandia Baru, giliran Presiden Jokowi yang menyampaikan kata sambutan. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan, kopi menjadi tema pilihan Pemerintah Indonesia untuk berdiplomasi dengan Selandia Baru dalam rangka peringatan 60 tahun hubungan bilateral Indonesia dengan Selandia Baru.

"Yang mulia, diplomasi kopi menjadi yang baru dari hubungan bilateral kita pada 60 tahun hubungan kerjasama Indonesia-Selandia Baru," ujar Presiden.

Jokowi baru mengetahui masyarakat Selandia Baru menyukai kopi, sehingga ia melihat peluang kopi Indonesia dipasarkan ke Selandia Baru.

"Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Banyak pilihan kopi di Indonesia, mulai dari Kopi Bali, Kopi Sumatera, Kopi Jawa, Kopi Toraja, dan juga Kopi Luwak yang sangat unik dan membuat rasa kopi menjadi unik," kata Presiden.

"Jangan lupa ketika kalian minum kopi, minum Indonesia kopi. Terima kasih," kata Jokowi disambut tepuk tangan. (*)
 
 


Video Terkait:



BERITA LAINNYA :