Metropolitan

Beda antara RPTRA Ahok dengan TMB Anies, versi Sandiaga

Editor : Damar Pamungkas |Kamis , 05 April 2018 - 22:09:41 WIB | Dibaca : 653 Kali |

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat menjelaskan program Taman Maju Bersama. Capture Youtube

@IRNews | Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan belum lama ini mencetuskan Taman Maju Bersama (TMB) di lokasi-lokasi yang dulu namanya RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak). Seolah ganti nama dari RPTRA versi Gubernur Ahok dulu, ke TMB versi Anies sekarang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno kini terus menggodok terbentuknya program Taman Maju Bersama di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Dia beralasan, pembanguan dan pengelolaan ruang publik terbuka ramah anak (RPTRA) selama ini tidak melibatkan masyarakat sekitar.

Untuk itu, Sandiaga berjanji akan melibatkan warga dalam mengelola Taman Maju Bersama dan Taman Pintar.

Sandiaga kepada wartawan mengatakan: "Jadi, kalau kami lihat bahwa selama ini masyarakat yang menjadi bagian dari tempat-tempat, di sekeliling taman dan ruang terbuka tersebut merasa tidak terlalu dilibatkan dan ini merasa sendiri karena saya turun di 1.300 titik mulai tahun 2016-2017," kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (5/4/2018).

Menurut Sandiaga, adanya partisipasi warga merupakan faktor pembeda antara Taman Maju Bersama dan Taman Pintar dengan RPTRA.

"Nah, 2018 ini kita ingin membuktikan bahwa mereka menjadi bagian dari pada ruang terbuka hijau tersebut. Itu konsep secara filosofi dan perbedaanya disitu," terang Sandiaga.

Sandiaga pun berharap, masyarakat tidak menjadikan pembentukan Taman Maju Bersama sebagai pembeda. Hendaknya masyarakat tidak mempersoalkan beda antara RPTRA dengan TMB.

"Mari kita tidak masuk kepada dikotomi apakah ini RPRTA atau Taman Maju Bersama. Ini adalah keinginan kita untuk maju bersama. Ini sebagai bagian dari partisipatif kolaboratif," papar Sandiaga. (*)



BERITA LAINNYA :