Nasional

Inilah Satu-satunya yang Memuji Pernyataan Partai Setan Amien Rais

Editor : Damar Pamungkas | Reporter : Hadi Ismanto |Minggu , 15 April 2018 - 11:50:04 WIB | Dibaca : 1730 Kali |

Wasekjen Partai Hanura, Tridianto. Twitter

@IRNews | Jakarta - Tidak ada yang memuji pernyataan Amien Rais tentang 'Partai Setan', kecuali Wasekjen Partai Hanura Tridianto. "Pak Amien memang kreatif. Bikin istilah baru, Partai Setan dan Partai Allah," kata Tridianto dalam keterangannya, Minggu (15/4/2018).

Tapi, lanjut Trianto, "Sebaiknya makin tua pak Amien perlu makin bijak dan bicaranya tidak seenaknya sendiri. Jangan asal tuduh, asal kasih label," Tridianto menambahkan.

Seperti diberitakan, Amien Rais menyebut Partai Allah adalah PAN, Gerindra dan PKS. Sedangkan Partai Setan adalah partai-partai besar (tidak disebut namanya).

"Walaupun nggak nyebut contoh nama-nama partai setan, ya ada nada tuduhan kepada partai-partai di luar itu," ujar Tridianto.

Menurut dia, istilah itu kreatif, tapi tidak bijak dan merendahkan partai-partai selain 3 partai itu.

"Jual kecap buat partainya atau partai lain itu sih biasa. Namanya juga kampanye. Tapi kan gak harus dengan merendahkan partai lain," ujar Tridianto.

"Apalagi seperti nuduh partai-partai lain itu sebagai partai setan. Ukuran partai setan itu apa?" Tridianto menambahkan.

Dia mempertanyakan ukuran partai Allah seperti apa.

"Apa misalnya partai Allah itu kadernya tidak ada yang bermasalah hukum atau disebut dalam dakwaan kasus korupsi? Pak Amien kudu menjelaskan, biar lebih tanggungjawab," katanya. 

Tanggapan PAN

Sementara itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menegaskan bahwa pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais soal dikotomi partai setan dan partai Allah tidak mewakili partai. 

“Ya memang sudah diluruskan. Itu kan Pak Amin sebagai pembina atau penasihat Alumni 212. Itu juga ceramah di masjid habis shalat subuh, menjelaskan tentang teologi apa yang terkandung dalam Al Quran. Itu yang dijelaskan. 

Oleh karena itu, jangan dipersepsikan lain,” kata Zulkifli usai membuka Rakerwil DPW PAN NTB di Mataram, Sabtu sore (14/4). 

Ketika ditanyakan apakah PAN kecewa atas pernyataan yang disampaikan Amien Rais itu, Zulkifli enggan berkomentar. “Itu kata kamu ya,” ujarnya sambil berlalu meninggalkan lokasi Rakerwil DPW PAN NTB. 

Sebelumnya diberitakan, dalam sebuah ceramah di Jakarta, Amien mendikotomikan adanya partai setan dan partai Allah. Awalnya, dia mengajak semua pihak termasuk PAN, PKS, dan Gerindra bersama umat Islam berjuang bersama membela agama. 

Kemudian, dia menyebutkan, sebaliknya ada pula partai besar yang bergabung dengan partai setan. Namum, saat dikonfirmasi partai mana yang dimaksud partai setan, dia enggan menjawab.

PPP: Jangan Pancing Sentimen Agama

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy angkat suara. Dia meminta Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais tak memancing sentimen agama dengan membuat dikotomi partai setan dan partai agama. (*)



BERITA LAINNYA :