Hiburan

Gedung Bioskop Pertama Dibuka di Arab Saudi

Editor : Damar Pamungkas |Kamis , 19 April 2018 - 12:36:49 WIB | Dibaca : 493 Kali |

Suasana di gedung bisokop perdana di Arab Saudi

@IRNews | Setelah hampir 40 tahun rakyat menunggu, bioskop Arab Saudi pertama ‘membuka pintu’ pada Rabu, 18 April 2018. Lokasinya di King Abdullah Financial Center ibukota Riyadh. Harga tiket 50 riyal. Masyarakat gembira menyambut bioskop pertama itu. 

Dikutip dari situs al-Arabiya pada Selasa, 17 April 2018, film Black Panther menjadi film pertama yang diputar dalam pembukaan hari pertama bioskop. Film ini ditayangkan di theater yang bisa mengakomodasi 620 penonton. 

Operator bioskop dari Amerika Serikat, AMC telah dijadualkan menggelar even khusus untuk pembukaan bioskop yang bakal tercatat dalam sejarah Arab Saudi. 

Menjelang pembukaan, Arab Saudi membuat akun twitter yang dinamai alcinema_sa. Akun tersebut memiliki 42.000 pengikut dalam tempo tiga jam setelah dibuat. Cuitan pertama yang ditulis akun resmi itu adalah ‘kami kembali’ dengan emoji popcorn. 

Kementerian Budaya dan Informasi Arab Saudi memperkirakan kontribusi industri bisokop terhadap GDB Arab Saudi akan lebih dari US$.24 miliar. 

Hal itu berkaca pada keputusan Kerajaan Arab Saudi yang akan membuka 40 bisokop di 15 kota di Arab Saudi dalam tempo 5 tahun ke depan. Sampai 2030, diperkirakan ada 100 bioskop dibuka di 25 kota penjuru Arab Saudi.   

Bangkitnya industri bioskop Arab Saudi akan menciptakan lebih dari 30.000 lapangan kerja penuh waktu dan 130.000 lowongan kerja paruh waktu pada 2030.

Kerajaan Arab Saudi bertekad menjadi sebuah negara modern yang tetap berpegang teguh pada nilai agama. Seperti dituangkan dalam Visi 2030, negeri autokrasi itu mencabut aturan pelarangan hiburan bioskop.

Gedung bioskop, menurut laporan situs berita AV Club, diharapkan menjadi salah satu penopang ekonomi karena Arab Saudi sudah tidak mau lagi mengandalkan sumur minyak sebagai soko guru ekonominya, sebagaimana tertuang dalam Visi 2030. (*)



BERITA LAINNYA :