Internasional

Astaga... Foto Jelek Ini Jadi Sejarah Dunia Modern

Editor : Damar Pamungkas |Jumat , 27 April 2018 - 16:50:50 WIB | Dibaca : 1433 Kali |

Inilah foto yang secara teknis fotografi jelek, dengan latar belakang sederhana, dengan sikap orang-orangnya yang kaku. Tapi inilah foto bersejarah dunia.

@IRNews | Jakarta - Kim Jong Un mengukir sejarah. Pemimpin Korea Utara itu menginjakkan kaki di Korea Selatan, pertama kali sejak Perang Korea 1953. Dia bertemu Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Dikutip IRNews dari The New York Times, Jumat (27/4/2018), Jong Un dan Moon Jae-in bertemu pada Jumat (27/4/2018) pagi waktu setempat. Pertemuan keduanya bahkan disiarkan langsung di Korea Selatan.

Pertemuan bersejarah ini berlangsung di Gedung Perdamaian, sebuah gedung konferensi di desa perbatasan Panmunjom. Ini desa perbatasan wilayah Korea Selatan - Korea Utara.

Kim muncul dari Panmungak, sebuah gedung administrasi Korea Utara di dalam Panmumjom.

Dia berjalan menuruni tangga menuju garis perbatasan, tempat presiden Moon Jae-in sedang menunggu. Moon menunggu, berdiri persis di garis tapal batas Korea Selatan-Utara. Tentu saja dia berdiri di tanah wilayah Korea Selatan.

Lantas, Jong Un muncul dari wilayah Korea Utara. Berhadap-hadapan langsung dengan Moon. Keduanya secara bersamaan menebar senyum, Tanda persahabatan.

Jong Un berjalan, mendekati Moon, yang tetap berdiri di tapal batas wilayah negaranya. 

Setelah mereka berdekatan, lalu berjabat tangan. Itu terjadi persis di atas lempengan beton berukuran 20 inci yang menandakan perbatasan, membagi dua Panmunjom.

Jong Un sudah masuk ke wilayah Korea Selatan. Itulah pertama kali dalam sejarah Korea, sejak mereka perang saudara yang berakhir pada 1953. Kemudian, Moon Jae-in melangkah melintasi perbatasan.

Bahas Kemungkinan Perdamaian

Kantor berita Korea Utara KCNA mewartakan proses perjalanan Kim Jong Un dari Ibukota Korea Utara, Pyongyang. Jong Un meninggalkan Pyongyang pada Jumat pagi.

Moon berangkat menuju Panmunjom sekitar pukul 08.00 pagi. Kedua pemimpin lantas bergabung dalam upacara resmi penyambutan.

"Kim Jong Un akan secara terbuka berdiskusi dengan Moon Jae-in dalam berbagai isu yang dapat meningkatkan hubungan antar-Korea dan mencapai perdamaian, kemakmuran, dan reunifikasi Semenanjung Korea," tulis KCNA.

Pertemuan Kim dan Moon pada hari ini merupakan pertemuan antar-Korea yang ketiga, namun untuk pertama kalinya dihelat di Korea Selatan.

Pertemuan antar-Korea sebelumnya digelar pada 2000 dan 2007, yang keduanya diselenggarakan di Pyongyang, Korea Utara.

Dengan begitu, Kim menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang menginjak tanah Korea Selatan sejak akhir Perang Korea pada 1950-1953.

Dua Korea secara teknis tetap berperang, ketika Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata. Sebab, bukan dengan perjanjian damai. (*)



BERITA LAINNYA :