Nusantara

Mau Tau Cara Teroris Wanita Belanja Sayur? Unik Begini...

Editor : Damar Pamungkas |Kamis , 17 Mei 2018 - 13:28:46 WIB | Dibaca : 8284 Kali |

Terduga teroris suami-isteri di Malang sedang digiring polisi.

@IRNews | Malang - Terduga teroris selalu dinilai berperilaku aneh. Termasuk suami-isteri SA (37) dan WMW (40) yang ditangkap Densus 88 di Malang, Jatim, Selasa (15/5/2018) dini hari. Tetangganya menganggap WMW aneh.

Hampir semua terduga teroris dikomentari tetangganya, sebagai orang tertutup. Begitu juga suami-isteri SA dan WMW. Tapi, menurut tetangga mereka, sikap itu terjadi sejak sekitar 2 sampai 3 tahun terakhir ini. Dulunya mereka biasa saja.

Nindi, salah seorang tetangga mereka, menyebutkan, dulunya WMW hanya berjilbab biasa. Seperti umumnya kebanyakan wanita. Tapi sejak sekitar 2 - 3 tahun silam, berubah jadi bercadar.

Dan, perubahan yang paling mencolok, adalah jadi menutup diri. Bukan saja tidak mau bergaul. Bahkan, bertemu muka dengan tetangga pun WMW enggan.  

Menurut Nindi, WMW setiap hari mengantarkan anaknya sekolah. Itulah satu-satunya momentum dia keluar rumah. Dan, momentum kemungkinan bertemu muka dengan tetangga. Tapi, dia selalu berjalan menunduk, menghindarisapaan orang.

Ada satu lagi momentum WMW bertemu tetangga: Saat belanja keperluan masak.

Nah, WMW tidak pernah ke pasar. Dia rutin belanja sayur dari pedagang gerobak yang lewat depan rumahnya. Kalau tukang sayur tidak lewat, ya dia tidak belanja.

Dan, jika beli sayur, cara WMW unik. Dia berteriak memanggil tukang sayur dari dalam rumah. Jaraknya hanya beberapa meter, karena rumahnya di pemukiman padat penduduk.

Setelah WMW memanggil tukang sayur, dia menyebutkan barang-barang yang dibeli. WMW tetap tidak keluar dari rumah.

Lantas, pedagang sayur seperti biasa mendatangi pintu rumah yang sedikit terbuka. WMW ada di balik pintu itu. WMW menerima belanjaan dari bukaan pintu yang sempit, sekaligus membayarnya.

"Begitulah cara dia belanja setiap hari. Unik, ya...." kata Nindi. "Kalau orang sini, belanja sayur, ya... keluar rumah mendekati tukang sayur."

Sampai Rabu (16/5/2018) malam, warga setempak masih menggunjing penggerebekan SA dan WMW. Mereka terkejut setelah tau bahwa suami-isteri ini terduga teroris.

Apa pekerjaan SA? "Setahu saya dia bekerja jualan buku. Saya terakhir ketemu dia (SA) sekitar dua pekan lalu," ujar Kurniawan, tetangga.

Warga lain yang enggan disebutkan namanya, mengatakan keluarga SA memang tertutup. Keluarga SA jarang bergaul dengan tetangga.

Seorang tetangga yang enggan disebut namanya, mengatakan, WMW dulunya tidak begitu. Ketika dia belum bercadar, masih mau bergaul dengan tetangga. Masih mau mengobrol, sebagaimana lazimnya warga di sana. setelah bercadar, dia berubah drastis.

"WMW disuruh suaminya pakai cadar. Kalau tidak mau, akan diceraikan. Mereka menikah sudah 10 tahunan," ujarnya. (*)



BERITA LAINNYA :