Nasional

Ribut Besaran Gaji, Mahfud MD Rp 150 Juta, Dikoreksi Alvin Lie

Editor : Damar Pamungkas |Kamis , 31 Mei 2018 - 15:50:09 WIB | Dibaca : 2853 Kali |

Mahfud MD dan Alvin Lie.

@IRNews | Jakarta - Ribut soal gaji BPIP semakin ulet. Topik semula besaran gaji anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), melebar ke gaji Mahfud MD Rp 150 juta saat anggota DPR. Kini, gaji Mahfud itu dikoreksi Alvin Lie. Seru...

Awalnya, Mahfud MD bicara soal gaji sebagai dewan pengarah BPIP yang nanti akan diberikan kepadanya.

Mahfud MD mengatakan jika hak keuangan Rp 100 juta yang akan diterimanya setiap bulan adalah jumlah yang kecil.

"Saya tahu (Rp 100 juta) itu kecil sekali. Saya pernah jadi pejabat, tiga kali lipat dari itu, meskipun (jumlah gaji yang tertulis) di SK-nya kecil," kata Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Mahfud MD kemudian memberikan contoh penghasilannya yang lebih dari itu.

Termasuk saat menjadi anggota DPR pada 2004 silam, di mana saat itu ia bisa mengantongi Rp 150 juta tiap bulannya. "Itu tahun 2004, sekarang sudah 14 tahun," ucapnya.

Maka, gaji di BPIP yang akan diterima mulai bulan depan, tidak besar. "Kita ini 100 juta sudah kumulatif semuanya. Gajinya itu cuma Rp 5 juta," kata dia.

Menanggapi hal tersebut, Alvin Lie justru membeberkan fakta sebaliknya.

Alvin Lie mengatakan jika saat itu dirinya juga menjabat sebgaai DPR pada tahun 2004 hingga 2009. Sama dengan periode saat Mahfud jadi anggota DPR.

Tapi gaji yang didapat tidak seperti yang dikatakan oleh Mahfud MD.

Alvin Lie kemudian meminta penjelasan kepada Mahfud MD dan memberikan rincian serta asalnya dari mana saja. Melalui akun Twitter-nya:

@alvinlie21: Maaf Prof, 2004-2009 sy juga di DPR. Gaji Rp3,5jt plus berbagai tunjangan & insentif total ± Rp40an juta/ bulan.

Mungkin Prof berkenan beri pencerahan take home pay minimal Rp150jt/ bulan komponennya apa saja & dari mana?

Untuk memperkuat omongannya, Alvin Lie bahkan mengunggah surat keterangan penghasilan dari bulan Januari hingga Desember selama menjadi DPR RI.

Menkeu: Dibanding di Lembaga Lain, Gaji BPIP Kecil

Diberitakan sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, hak keuangan tersebut tidak seluruhnya merupakan gaji.

Angka itu juga terdiri dari tunjangan, asuransi, dan sisanya yang paling besar adalah untuk kegiatan operasional.

"Hak keuangan ini dari segi gaji pokok sama dengan pejabat negara yang lain, yaitu hanya Rp 5 juta. Kemudian yang disebut tunjangan jabatan Rp 13 juta. Lebih kecil dibandingkan lembaga lain," kata Sri Mulyani di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

"Sisanya dukungan terhadap kegiatan. Seperti biaya untuk transportasi, pertemuan komunikasi," imbuhnya.

Namun, transportasi yang dimaksud tidak termasuk transportasi ke luar kota atau ke luar negeri.

Diketahui, Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP mendapatkan hak keuangan atau gaji Rp 112.548.000 per bulan.

Anggota Dewan Pengarah terdiri dari delapan orang, yakni Try Sutrisno, Ahmad Syafii Maarif, Said Aqil Siradj, Ma'ruf Amin, Mahfud MD, Sudhamek, Andreas Anangguru Yewangoe, dan Wisnu Bawa Tenaya mendapatkan 100.811.000 per bulan.

Adapun Kepala BPIP yang dijabat Yudi Latif mendapatkan Rp 76.500.000. Selanjutnya, Wakil Kepala Rp 63.750.000, Deputi Rp 51.000.000 dan Staf Khusus Rp 36.500.000. (*)



BERITA LAINNYA :