Politik & Keamanan

Penyebar Isu Selingkuh Ahok dan Grace Terlacak Polisi

Editor : Damar Pamungkas |Selasa , 12 Juni 2018 - 01:41:49 WIB | Dibaca : 5504 Kali |

Ahok dan Grace Natalie

@IRNews | Jakarta - 'Perang Medsos' mewarnai situasi politik Indonesia. Terbaru, akun @Hulk_idn posting bahwa Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie berselingkuh dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Tanpa bukti.

Sampai, Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany dan Ketua Tim Komunikasi PSI Andy Budiman, Senin (11/6/2018), diperiksa sebagai saksi terkait sebaran medsos itu.

Tsamara lantas mengatakan: "Dari beberapa info yang kami peroleh, kelihatannya polisi sudah berhasil mengendus identitas penyebar fitnah @hulk_idn, dan karena itu kami menyampaikan apresiasi kepada kepolisian."

"Para penyebar fitnah tak bisa sembarangan bersembunyi di balik akun anonim, hukum akan menjangkau kalian," tegas Tsamara.

Tsamara menegaskan, serangan medsos kini menyasar partainya. Itu merupakan serangan balik dari pihak-pihak yang khawatir dengan dua agenda besar PSI, yakni memerangi korupsi dan menegakkan toleransi.

“Produsen fitnah tidak berdiri sendiri. Ada dalang jahat di belakang mereka. Yakni para politisi hitam. PSI akan aktif memerangi hoax melalui jalur hukum," tegas Tsamara.

Sementara Andu Budiman mengatakan dunia politik Indonesia sejak 2014 disesaki berbagai kabar palsu, fitnah, dan ujaran kebencian berbau SARA yang dosisnya belum pernah ada dalam sejarah politik Indonesia.

Tantangan terbesar bagi demokrasi kita saat ini, ujarAndy, adalah bagaimana membersihkan ruang publik dari hoax.

Grace Menantang Bukti

Seperti diberitakan, @hulk_idn dan akun Instagram @prof.djokhowie mendadak hilang usai menyebarkan tudingan bahwa Grace dengan Ahok berselingkuh.

Itu setelah Grace mengunggah video melalui akun Twitter @grace_nat yang menantang @Hulk_id membuktikan perselingkuhan tersebut.

"Batas waktu 1x 24 jam sudah selesai. Hingga detik ini tidak ada secuil bukti yang bisa ditampilkan hulk untuk mendukung ucapannya. Jadi terbukti hulk memproduksi konten-konten sampah yang tidak berdasarkan fakta, hanya bertujuan untuk merusak nama baik seseorang."

Dalam video tersebut, Grace juga mengungkapkan meminta bantuan ke publik untuk merilis akun-akun yang menyebar fitnah.

Grace menambahkan, upaya tersebut agar tidak ada korban lagi setelah dirinya.

Melihat video tersebut, netizen lantas memberikan komentar bahwa kedua akun tersebut telah hilang.

@abellino_jr: Sudah take down tuh akun hulk. User not found.

@yhmidd: doi kaburrr, ganti nama akun berkali2 wkwk terakhir @sibutex_com lalu ilang lagi. (*)

Sebelumnya, Grace melaporkan pengguna akun Twitter, @hulk_idn dan akun Instagram @prof.djokhowie.

Pasalnya, dua akun media sosial itu dinilai melakukan fitnah terhadap dirinya.

Disebutkan di dua akun media sosial itu, Grace berselingkuh dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Ia juga merasa difitnah, karena cuitan itu menyebutkan, ada hubungan suami-istri agar bisa kenal dengan sembilan taipan.

"Jadi kami melaporkan agar polisi mengusut karena sudah ada UU yang melindungi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik," kata Grace.

Sementara itu, dari pihak Ahok, sang adik, Fifi Lety mengungkapkan bahwa isu yang beredar tersebut merupakan fitnah belaka. (*)



BERITA LAINNYA :